Tuesday, September 4, 2012

Sederhana

Milyaran poin dalam hidup yang membuat kita bahagia. Bahagia dalam arti luas, tak terbatas, dan dapat berlaku untuk siapa saja, dalam keadaan apapun juga. Namun bagi saya, sumber kebahagiaan itu sebenarnya tumbuh dari satu akar, yang berkembang, berdaun, berbunga, dan berbuah. Sesederhana itu, layaknya pohon beringin yang berawal dari akar, yang semakin tua semakin rimbun dengan daun-daun serta akar gantungnya.

Di balik itu, cukup banyak hal yang pasti membuat seseorang khawatir, sedih, dan merasa tidak bahagia lagi. Marilah kita simpan poin-poin itu sejenak, melupakannya dan menguburnya dalam-dalam, membiarkan semua hal itu terperangkap di suatu tempat yang kita sendiri pun akan lupa letak tepatnya.

Saya bertemu banyak orang baik di dunia ini. Ya, tidak usah jauh-jauh membicarakan seluruh dunia. Begitu banyak jumlah orang baik di dunia ini, yang saya yakin sangat jauh jumlahnya dengan orang-orang yang tidak baik (bukan orang yang jahat). Sederhana. Mereka membuat saya bahagia, membuat saya meredakan pemikiran negatif yang berperang di dalam otak saya, serta memusnahkan kekhawatiran yang terkadang membuat saya mengerang kesakitan di malam hari.

Mulai dari keluarga, teman-teman sekitar, teman-teman baru di kampus, pacar, beberapa orang yang saya temui di jalan, beberapa orang yang saya tanyai mengenai jalan menuju stasiun, siapapun itu. Sesederhana itu. Bertemu dan berinteraksi dengan mereka memberi saya ketenangan dan kelegaan tersendiri yang mendorong saya untuk semakin bersemangat dalam menjalani hari-hari saya.

Begitu sulit bagi saya untuk memberi penjelasan tentang hal ini kepada orang lain. Mungkin menulis adalah cara yang sangat tepat.



No comments:

Post a Comment